Menu-Menu pada Pemrograman Scratch dan Fungsinya

 Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan pengenalan tentang program Scratch. Selanjutnya pada bagian ini akan dijelaskan bidang kerja dan berbagai macam fungsi serta kegunaan menu yang disediakan oleh Scratch. Ketika membuka program Scratch pertama kali kita akan melihat sebuah kucing sebagai contoh objek pada bidang kerja yang disebut Sprite, dan pada bagian sebelah kiri terdapat tombol yang memvisualisasikan pemrograman untuk aplikasi ini. Scratch menyediakan akses lebih dari 100 blok. Blok tersebut disusun ke dalam delapan ikon yang terletak pada menu blok. Delapan ikon dari Scratch Blocks tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.


Motion. Icon untuk mengontrol penempatan sprite, arah, perputaran, dan perpindahan sprite

Looks. Icon mengenai sprite, tampilan background, dan memberikan kemampuan untuk menampilkan teks atau tulisan

Sound. Icon yang mengontrol playback, volume musik, dan file audio

Pen. Icon yang dapat digunakan untuk menggambar dengan menggunakan warna dan ukuran pen yang berbeda

Control. Icon yang menggerakkan eksekusi script berdasarkan perihal yang didefinisikan sebelumnya, pengulangan pemrograman logika dengan loops, dan menampilkan logika kondisional

Sensing. Icon yang dapat digunakan untuk menentukan lokasi dari pointer mouse, jaraknya terhadap sprite lain dan apakah sprite bersentuhan dengan sprite lainnya

Numbers. Icon yang menampilkan perbandingan logika, pembulatan, dan operasi matematika lainnya

Variables. Icon yang dapat digunakan untuk membuat variabel dan menaruh data pada aplikasi ketika dieksekusi.



Gambar 1. Menu-Menu dalam Pemrograman Scratch



Dr. Anita Rahayu, S.Si., M.Si.

Bina Nusantara University

Comments :

Your Name

Your Email

Your Comment..


BINUS UNIVERSITY

BINUS HIGHER EDUCATION

BINUS UNIVERSITY MALANG | Pilihan Universitas Terbaik di Malang

LOCATION

Jl. Araya Mansion No. 8-22 Araya – Malang Jawa Timur 65154

CONTACT US

Phone

(62 -341) 3036969 f. (62 -341) 3036868

Email

pmbmalang@binus.edu

GET CONNECTED ON

SOCIAL MEDIA

Copyright © BINUS Higher Education. All rights reserved

Whatsapp

Comments

Popular posts from this blog

4 Bilangan Komputer: Desimal, Biner, Oktal, dan Heksadesimal

Konversi Sistem Bilangan Komputer: Desimal, Biner, Oktal dan Heksa Desimal